6 Cara Mengatasi Bootloop pada Hp Android

6 Cara Mengatasi Bootloop pada Hp Android

6 Cara Mengatasi Bootloop pada Hp Android Mati Total Tanpa pc  - Pasti kalian kesal jika android smartphone anda mengalami bootloop atau gagal booting. Apa itu bootloop? Bootloop adalah suatu keadaan dimana system android kamu atau smartphone kamu tidak dapat melakukan booting atau start-up, ciri khasnya adalah perangkat Android atau smartphone hanya menampilkan logo android atau vendor secara berulang - ulang.

Jika perangkat Android mengalami bootloop, jangan panik apalagi menangis. Jangan buru-buru ke counter handphone dan membayar ratusan ribu, karena Anda pasti bisa kok mengatasi bootloop seorang diri. Bootloop sendiri ada dua macam yang dibedakan atas tingkat kerusakannya (berdasarkan pengalaman penulis, beberapa orang membedakannya menjadi tiga).

Android Light Bootloop

Android Light Bootloop adalah salah satu masalah bootloop pada ponsel hp android yang tergolong ringan. Adapun permasalahan tersebut terjadi saat kamu menggunakan ponsel untuk bermain game, menginstal aplikasi atau menonton video tiba-tiba saja terjadi restart atau re-boot sendiri. Dan setelah menyala kembali ternyata hp tidak bisa masuk ke menu melainkan hanya menampilkan logo ponsel saja.

Android Medium Bootloop

Masalah bootloop android yang satu ini biasa terjadi akibat dari aktivitas pengguna yang sering mengotak-atik fitur-fitur android dan masuk ke system recovery. karena seperti yang kita tahu bahwa system recovery merupakan bagian terpenting dari sebuah ponsel android, biasanya dari system recovery tersebut kita bisa melakukan rooting ponsel. Jadi memang keadaan sistem tersebut sangat dilindungi sehingga apabila pengguna mencoba mengotak-atik dan terjadi kesalahan maka bisa berakibat bootloop. Sebenarnya kerusakan ini termasuk bootloop tingkat menengah karena kita bisa memperbaikinya dengan masuk ke sistem recovery untuk mem-backup ulang.

Android Hard Bootloop

Android hard bootloop biasanya terjadi akibat dari aktivitas kita saat mengganti Stock ROM yang berbeda, melakukan upgrade sistem operasi atau saat meng-compile APK yang salah. Jadi aktivitas tersebut juga bisa memicu terjadinya bootloop pada ponsel yang kita gunakan. Adapun ciri-cirinya adalah saat ponsel di hidupkan tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa di utak-atik lagi alias macet total.

Penyebab Hp Android atau Smart Phone Bootloop

Smartphone anda tidak mungkin terjadi bootloop secara tiba-tiba tanpa adanya penyebab yang spesifik. Bootloop ini biasanya terjadi karena kita melakukan berbagai macam hal yang bersinggungan dengan system Android. berikut adalah beberapa penyebab bootloop yang pling umum di alami para pengguna smartphone tersebut:
  1. Flashing custom ROM
    Masalah bootloop sering terjadi setelah kita melakukan flashing custom ROM baru. Hal ini biasanya disebabkan karena ada dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus sehingga malah digunakan oleh sistem yang baru. Saran saya kalau tidak bisa melakukan flashing cutom room jangan skali - kali melakukanya kalau tidak mau berakibat fatal pada smartphone anda, Paket custom ROM yang rusak atau custom room abal - abal (bajakan) juga dapat menyebabkan bootloop setelah Anda menginstalnya ke samrtphone anda.
  2. Instal mod Bootloop
    biasanya juga terjadi setelah kita menginstal mod untuk sistem Android. Masalah ini muncul karena mod yang diinstal tidak kompatibel dengan ROM yang kita gunakan. Selain itu, mod yang tidak disusun dengan baik juga bisa menjadi penyebab dari bootloop ini.
  3. Salah mengatur permission
    Android sangat bergantung kepada permission sistem yang benar. Jika Anda salah mengatur permission dari sebuah file sistem maka bisa berujung kapada bootloop. Maka dari itu, telitilah sebelum memberikan permission pada suatu file.
  4. Restore system backup
    Melakukan restore file yang berkaitan dengan sistem juga berpotensi menimbulkan bootloop. Sama seperti penyebab yang pertama, masalah ini juga ditimbulkan oleh dalvik-cache lama yang belum terhapus secara sempurna.

Cara mengatasi Android Bootloop

Setelah kalian mengetahui apa itu bootloop dan jenisnya, sekarang kita akan mencoba mengetahui bagaimana cara mengatasi bootloop di Android atau smartphone anda.
Baik bootloop ringan ataupun berat sama-sama membutuhkan penanganan. Bootloop ringan walau Anda anggap tidak menggangu namun suatu saat akan menjadi parah yang tetap akan merepotkan. Jadi, ada baiknya untuk diperbaiki sebagaimana yang direkomendasikan.

Cara Mengatasi bootloop ringan

Untuk memperbaiki perangkat yang mengalami bootloop ringan tidak diperlukan langkah-langkah teknis. Matikan perangkat Anda (jika hidup) kemudian cabut memori, kartu dan baterai. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai 24 jam. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali. Lalu amati, jika masalah bootloop masih terjadi maka lanjutkan ke solusi kedua.

Cara Mengatasi bootloop parah

Mengatasi bootloop parah baru memerlukan langkah-langkah teknis sebagai berikut.

factory reset

Salah satu cara untuk mengatasi bootloop adalah kembali ke pengaturan pabik atau factory reset. Tapi bagaimana caranya sedangkan ponsel gagal booting. Nah, solusinya kita harus masuk ke Recovery Mode.
Untuk masuk ke recovery mode biasanya dapat dilakukan dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan, namu setiap merk caranya beda-beda.  Untuk kalian yang tidak tau cara masuk ke recvery mode di perangkat android anda. Kalian bisa cek di postingan saya yang membahas tentang Cara masuk recovery mode ke semua perangkat android

Sekarang silahkan dicoba sesuai dengan merk masing-masing perangkat android anda, Gunakan tombol volume untuk menggerakkan kursor dan tombol Power untuk mengesekusi.

  • Dimulai dengan mengarahkan kursor ke Wipe data/factory reset dan tekan tombol power.
  • Kemudian arahkan kembali kursor ke Yes — delete all user data dan tekan tombol power. 
  • Berikutnya perangkat akan memproses permintaan reset yang Anda minta. Beberapa perangkat ada yang langsung restart, tapi beberapa lainnya hanya memberi informasi selesai.

Jika perangkat tidak restart, arahkan kursor ke opsi reboot system now dan tekan tombol power. Sampai di sini tugas Anda sudah selesai separuhnya, setelah perangkat berhasil restart dan masuk ke sistem.
Langkah berikutnya relatif mudah, silahkan atur kembali akun Anda, kemudian unduh aplikasi-aplikasi yang Anda inginkan atau restore hasil backup jika punya.

Bersihkan dalvik-cache

Jika bootloop terjadi setelah Anda melakukan flashing custom ROM baru atau setelah melakukan restore backup, maka cara pertama ini bisa Anda coba. Cara ini akan membersihkan dalvik-cache yang lama sehingga sistem akan menggantinya dengan yang baru.

Pertama-tama matikan perangkat Android secara total dengan cara melepas baterai lalu diamkan selama  2 hingga 3 menit. Jika baterainya tertanam dan tidak bisa dilepas, maka tekanlah tombol power selama beberapa menit hingga perangkat tersebut mati total.

Selanjutnya nyalakan kembali perangkat tersebut lalu masuk ke recovery (CWM, TWRP, dan sejenisnya). Cara masuknya berbeda-beda untuk setiap perangkat, ada yang dengan menekan tombol volume down, ada yang menekan tombol home, dan sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan perangkat yang Anda miliki.


Pada recovery tersebut Anda dapat menggunakan tombol volume, tombol home, dan tombol power untuk melakukan navigasi. Namun lagi-lagi fungsinya akan berbeda-beda di setiap perangkat. Nah setelah masuk ke recovery, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih menu Advanced
  • Pilih opsi “Wipe dalvik-cache”
  • Selanjutnya buka menu “Mounts & Storage”
  • Pilih opsi “Wipe /cache”
  • Hapus data
  • Reboot

Jika setelah mengikuti langkah di atas masalah bootloop masih belum teratasi, maka Anda juga dapat mencoba menghapus datanya. Namun sebelumnya Anda harus melakukan backup terlebih dahulu untuk menyelamatkan datanya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke Recovery
  • Pilih menu “Backup & Restore”
  • Pilih “backup”
  • Selanjutnya buka menu “Mounts & Storage”
  • Pilih “Wipe /data”
  • Pilih “Wipe /cache”
  • Reboot

Flash ROM baru

Jika dua cara di atas belum mampu memecahkan masalah bootloop, maka kemungkinan besar custom ROM yang instal rusak atau tidak kompatibel dengan perangkat Android Anda. Untuk mengatasinya, Anda harus mengunduh dan menginstal custom ROM yang baru.

Baca juga: Cara Instal Custom Rom di Android

Caranya:
-Masuk ke recovery
-Pilih “Instal zip”
-Cari custom ROM yang baru Anda download lalu instal
-Reboot
Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat di Cara Instal Custom Rom di Android
Jika tidak ingin menginstal custom ROM yag baru, Anda juga dapat menginstal stock ROM bawaan perangkat Anda. Cara ini berbeda-beda tergantung dari perangkat yang Anda gunakan. Sebagai contoh perangkat Sony dapat menggunakan aplikasi PC Companion, Samsung dengan KIES, dan sejenisnya.

Koreksi permission

Jika masalah bootloop disebabkan karena kesalahan memberi permission, maka cara memperbaikinya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya seperti dikutip dari XDA:

  1. Masuk ke Recovery
  2. Buka menu Advanced
  3. Pilih opsi “Fix permissions”
  4. Reboot

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi bootloop yang dapat diterapkan pada perangkat Android Anda. Ingat, cara di atas hanyalah gambaran secara umum sehingga tidak semuanya dapat diterapkan pada setiap perangkat Android. Silahkan kunjungi forum atau grup FB dari masing-masing perangkat untuk cara yang lebih spesifik.

BERLANGGANAN GRATIS!
Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka Komentar

0 Response to "6 Cara Mengatasi Bootloop pada Hp Android"

Posting Komentar

Satu komentar kamu, sejuta semangat buat kami. Jadi, berkomentarlah yang baik, agar kami juga akan lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel