10 tips ampuh cara memperbaiki hp terendam air agar tidak rusak

10 tips ampuh cara memperbaiki hp terendam air agar tidak rusak

10 tips ampuh cara memperbaiki hp terendam air agar tidak rusak - Tidak bisa di pungkiri Air merupakan musuh besar bagi alat – alat elektronik seperti Hp, karena air dapat merusak komponen – komponen yg ada di dalam nya yang masuk melalui celah – celah yg ada pada Hp anda.
Memang cukup sulit menyelamatkan ponsel yang sudah masuk kedalam air. Beberapa komponen ponsel akan langsung tidak berfungsi ketika kontak dengan air.

Kecuali ponsel tersebut adalah ponsel canggih dengan sertifikat water resistant (anti air), seperti samsung galaxy S7 dan Experia Z series atau yang lainya. Meskipun terendam air, ponsel tersebut tidak akan mati dan masih bisa digunakan secara normal.

Kalau ponsel yang biasa-biasa saja seperti punya saya ini, akan ada 3 kemungkinan ketika terendam air dalam waktu lama ..
  1. Mati total.
  2. Bisa nyala tapi nggak normal.
  3. Blank (nyala warna putih).
Kalau sudah seperti itu, biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan pasti sangat besar.

Makanya, kalau HP sobat terkena air (entah itu air hujan, air laut, atau cairan lain) harus ditangani dengan cepat dan benar agar HP bisa diselamatkan sebelum terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.

Handphone terendam air tidak bisa diselamatkan dengan cara sembarangan. Apalagi jika sampai terkena atau terendam air laut. Jika salah mengatasi, bisa-bisa handphone mati tota.
Tips ini saya buat berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya sendiri, saya sudah beberapa kali mempraktekkan langkah – langkah di bawah ini pakai hp pribadi maupun teman saya dan hasil nya memuaskan.

10 Cara ampuh Mengatasi Hp Terendam ke dalam Air

Ada Beberapa Hal yang harus di perhatikan setalah hp anda jatuh atau terendam air.

  1. Jangan Goyang – goyang kan Hp secara berlebihan, karena dapat membuat air menyebar luas.
  2. Jangan jemur HP, karena dapat membuat komponen rusak karena kepanasanHp yang jatuh ke air 
  3. Jangan diamkan terlalu lamaJangan coba hidupkan hp anda, karena akan membuat kerusakan parah.

Lalu bagaimana cara mengatasi Hp yg terjatuh ke dalam air ? berikut tips paling ampuh sesuai pengalaman saya sendiri.


Berikut tips ampuh cara memperbaiki hp terendam air agar tidak rusak

1. Ambil HP Secepat Mungkin
Sesaat setelah Anda menyadari ponsel Anda terendam air, atau masuk ke dalam air, segera keluarkan.
Ambil hp secepat mungkin yg terendam air, bila tidak di khawatirkan semakin banyak air yg masuk ke dalam komponen hp anda. Saat barang elektronik mengalami kontak dengan air, biasanya terjadi terjadi hubungan pendek yang menyebabkan kerusakan pada komponennya. Semakin cepat Anda mengeluarkannya, semakin kecil pula resiko ponsel rusak.

Meskipun hp dalam ke adaan tertutup rapat oleh casing namun air akan tetap masuk melalui lubang – lubang kecil seperti Port USB, Port Charger dan lubang Speaker.

2. Matikan Dan Keringkan
Matikan hp yg terendam ke dalam air jika dalam kondisi hidup lalu usap dengan handuk guna menghilangkan air di bagian luar.

Ingat…! jangan coba untuk memaksa menghidupkan hp anda, karena akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah yang di sebabkan oleh arus listrik dari baterai.


3. Handphone yang Terhubung dengan Listrik Jangan Dikeluarkan
Kecelakaan selalu terjadi setiap saat tanpa bisa disadari. Bahkan saat Anda sedang mengisi baterai, ponsel Anda tetap beresiko terendam dalam air. Jika saat ponsel terendam dalam air masih dalam kondisi terhubung ke listrik, jangan coba-coba untuk mengambilnya. Anda bisa saja terkena aliran listrik yang masih aktif. Matikan lebih dulu aliran listrik dengan mematikan sikring listrik. Bila Anda tidak berani melakukannya, Anda bisa meminta bantuan profesional untuk mengambil handphone yang terendam air tersebut.

4. Lepas Semua Komponen
Lepaskan semua komponen yg dapat di lepas pada hp tersebut seperti Baterai, memori card, kartu SIM, Casing (jika bisa) kalau gak bisa gak masalah.
Setelah di lepas usap dengan handuk kering, ketika mengeringkan menggunakan handuk. usahakan jangan menggoyangkan hp terlalu berlebihan karena akan membuat air menyebar ke komponen lain.

5.Fokus Pada LCD
Ini yang paling penting. Setelah semua terbongkar, bersihkan bagian LCDnya terlebih dahulu.

Komponen ini yang biasanya sering rusak setelah terkena air karena LCD berisi filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan terlalu lama akan muncul flek hitam pada LCD.

Itulah kenapa bagian LCD yang akan pertama rusak ketika HP terendam air.

6.Lakukan Pengeringan Total
Setelah bagian LCD kering dari air, selanjutnya keringkan bagian HP yang lain seperti PCB dengan menggunakan blower, kipas angin, atau Boleh juga dengan hair drayer.

Tapi kalau mengeringkan PCB dengan hair drayer jangan terlalu dekat dan terlalu lama karena udara panas yang dihasilkan akan merusak komponen PCB tersebut.

7. Rendam ke dalam Beras
Cara nya ambil toples, wadah atau kantong plastik sekira nya cukup untuk wadah HP, ambil beras secukup nya, masuk kan HP dan Baterai secara terpisah ke dalam wadah yg berisi beras.

Lalu tutup rapat, pastikan Hp dan baterai dalam keadaan terkubur beras, lalu simpan di dalam lemari minimal 12 Jam atau 24 Jam lebih baik.

Jika kartu SIM dan memori card nya masih berfungsi dengan baik, tak usah di pendam di dalam beras.

Kubur semua komponen hp ke dalam beras sehingga tertutup beras,

Beras dapat menyerap embun dan air dengan baik, meskipun tidak terlalu sempurna tapi cukup bagus untuk menyerap air yang terdapat dalam Hp dengan catatan tidak terlalu parah.

Jika hp anda basah parah, kami sarankan untuk mengikuti langkah di atas. jika gagal atau ada komponen yang rusak segera ke servis center terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

8. Rakit Ponsel Kembali
Setelah proses pengeringan selesai, sekarang sobat tinggal rakit kembali komponen yang sudah di bongkar tadi. Rakit dengan benar dan hati-hati agar tidak sampai merusak komponen lainya.


9. Charger HP Hingga Penuh
Setelah sudah kering dan sudan merakit kembali ponselnya sekarang saatnya kita cas hp anda. Ingat Jangan hidupkan dulu hp anda.  charger dulu hingga benar benar penuh.

10. hidupkan
Langkah terakhir, hidupkan Hp yg sudah di cahrger penuh tadi cobalah untuk mengecek kinerja hp anda seperti speaker, kamera mik kirim maupun mik penerima dan fitur lain nya.


BERLANGGANAN GRATIS!
Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka Komentar

0 Response to "10 tips ampuh cara memperbaiki hp terendam air agar tidak rusak"

Posting Komentar

Satu komentar kamu, sejuta semangat buat kami. Jadi, berkomentarlah yang baik, agar kami juga akan lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel