Pengertian Biologi Secara Lengkap dan Menurut Para Ahli

Sejarah Biologi

Biologi? Istilah Biologi muncul pada tahun 1736 pada karya ‘Bibliotheca Botanica’ oleh Linnaeus. Sebelumnya ilmu Biologi ini sudah ada sejak zaman dulu kala. Ditemukannya beberapa ilmu peradaban kuno seperti Mesir, Cina, India, Yunani, dan lain sebagainya. Peradaban tersebut telah mengembangkan ilmu Biologi dengan cara mereka sendiri. Namun pengertian itu hanya memiliki perbedaan dari segi rangkaian kalimat semata, akan tetapi pada dasarnya pengertian yang diberikan mengacu pada “ilmu tentang makhluk hidup dan lingkungannya“.

Apakah pengertian biologi? Biologi merupakan salah satu ilmu dasar yang ikut menentukan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan belajar biologi kita akan mempunyai kemampuan berpikir logis, sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah.

Pengertian biologi juga merupakan salah satu ilmu dasar yang ikut menentukan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena dengan belajar Biologi kita akan mempunyai kemampuan berpikir logis serta memperoleh keterampilan dalam berpikir kritis, sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah.
Pengertian Biologi Secara Lengkap dan Menurut Para Ahli

Pengertian Biologi Secara Sederhana

Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘Bios’ dan ‘Logos’. Bios yang artinya ilmu dan Logos yang artinya hidup. Jadi jika digabungkan menjadi ilmu hidup. Secara sederhana Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Makhluk hidup kan ada tiga, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia. Berarti Biologi mempelajari mereka.

Fiktor Ferdinand P dan Moekti Ariwibowo menyatakan biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup dan lingkungannya.

Orman Karmana menyatakan Biologi adalah ilmu yang menunjang ilmu lainnya dalam pemecahan permasalahan.

Maniam dan Ami S menyatakan Biologi adalah ilmu yang memiliki cakupan luas. Sehingga sangat susah dipelajari. Untuk mempermudah mempelajarinya, Biologi dibagi ke dalam cabang ilmu.

Bagod Sudjudi dan Siti Laila menyatakan Biologi adalah bagian dari sains yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya.

Deswaty Furqonita dan M. Biomed menyatakan Biologi adalah ilmu yang mempelajari serta mengkaji atau meneliti segala sesuatu tentang makhluk hidup.

Menurut Maniam dan Ami S, Biologi adalah ilmu yang memiliki cakupan luas. Maka dari itu Biologi dibagi jadi beberapa cabang. Berikut cabang dari Biologi.

Berdasarkan pengertian biologi, muncullah cabang cabang biologi terus‐menerus bertambah, sesuai dengan perkembangan ilmu biologi itu sendiri. Antara lain mikologi (ilmu tentang fungi) yang dahulu disatukan dalam botani, fikologi (ilmu tentang alga), bryologi (ilmu lumut), ichtiologi (ilmu tentang ikan), karsinologi (ilmu tentang krustasea), mammologi (ilmu tentang mammalia), ornitologi (ilmu tentang burung), entomologi (ilmu tentang insekta), paratisologi (ilmu tentang parasit), etnobotani, dan etnozoologi. 

Cabang biologi yang mempelajari virus disebut virologi, bakteri bakteriologi, mikroorganisme secara umum disebut mikrobiologi, tumbuhan botani, hewan zoologi, hubungan antara makhluk dan lingkungan disebut ekologi. Cabang yang mempelajari aspek kimia dari kehidupan disebut biokimia.

Manfaat Ilmu Biologi

Ilmu biologi sangat berpengaruh dan berguna bagi kehidupan manusia. biologi banyak digunakan untuk berbagai bidang kehidupan seperti pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran, dan lain sebagainya.
banyak sekali permasalahan kemanusian yang diselesaikan dengan landasan Ilmu Biologi. Misalnya, bagaimana meningkatkan hasil pertanaian untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, melalui Ilmu Biologi, ditemukan bibit unggul atau pupuk yang akan memberikan hasil maksimal. Dalam pemecahan suatu masalah, Ilmu Biologi memiliki cara kerja yang tersusun secara sistematis berdasarkan bukti. Pemecahannya tersebut dinamakan juga metode ilmiah. Di dalam metode ilmiah segala permasalahan dipecahkan secara sistematis. Para ilmuwan Ilmu Biologi, menggunakan metode ilmiah untuk melakukan observasi suatu hipotesis (dugaan sementara) dalam usahanya menjelaskan suatu fenomena alam berdasarkan bukti di lapangan.

Batasan pengertian biologi bukan hanya sekedar penghafalan informasi saja, namun juga diserta dengan pemahaman konsep dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan siswa disekolah masih hanya menerima informasi dan mengingat-ingatnya saja. Padahal jika hanya mengingat-ingat saja, materi tersebut tidak akan bertahan lama dan akan cepat lupa. Biologi memerlukan ketrampilan berpikir logis. Sesuatu yang logis dan masuk akal cepat diterima dan diserap otak sehinga bisa bertahan lama.
Demikian penjelasan mengenai pengertian biologi,  semoga bermanfaat.

BERLANGGANAN GRATIS!
Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka Komentar

0 Response to "Pengertian Biologi Secara Lengkap dan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Satu komentar kamu, sejuta semangat buat kami. Jadi, berkomentarlah yang baik, agar kami juga akan lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel