Ayam atau Telur Duluan Mana: Ini Jawaban Sainsnya

Ayam atau Telur Duluan Mana: Ini Jawaban Sainsnya

Debat Telur atau Ayam Duluan Akhirnya Selesai: Ini Jawaban Ilmiahnya
Ayam atau Telur Duluan Mana - pernah kah kalian ber debat dengan temen kalian tentang Ayam dan Telur duluan mana? Saya juga dulu sempet ada pertanyaan seperti itu di dalam benak saya dan berfikir telur itu lebih dulu dari ayam. Tanpa telur ayam tidak ada, karna ayam berasal dari telur. 

Apakah Benar pemikiran saya itu? Tapi ada pendapat lain juga kalau Ayam itu lebih dulu dari Telur karna yang meng hasilkan Telur itu Ayam.  Terus yang benar yang mana dong, Telur dulu atau Ayam dulu, Jadi pusing. 

Debat Telur atau Ayam Duluan Akhirnya Selesai: Ini Jawaban Ilmiahnya

Kalau dari segi ilmiahnya Ayam dan Telur duluan mana? Jawabannya adalah duluan Telur. Waduh kenapa bisa telur dulu baru ada ayam. Apakah pernyataan itu bisa di pertanggung jawab kan kebenarannya? Apakah sudah terbukti dan di teliti secara ilmiah ?

Ada seorang peneliti di heffield and Warwick University di Inggris berhasil memecahkan pertanyaaan ini. Jadi dia menyatakan bahwa Ayam itu lebih dulu dari pada Telur. Kok bisa?

Kalau kalian lihat telur pasti ada cangkangnya terus bagaimana cangkang itu bisa terbentuk, apakah cangkang telur muncul begitu saja?  Tentu saja tidak, ada sebuah protein yang bisa mempercepat proses pembentukan sebuah cangkang telur.

Protein yang di maksud adalah protein yang bernama ovocledidin-17 atau OC-17. Protein ini sangat unik. Para ilmuan percaya bahwa yang bisa menghasilkan protein ini hanyalah Ayam. Dan hanya di hasilkan di Ovarium Ayam. Dan karna itulah harus ada Ayam dulu baru ada Telur.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa, OC-17 sangat penting dalam proses kristalisasi. Karna ini merupakan tahap awal pembentukan cangkang. Protein ini merubah kalsium karbonat menjadi kristal keras yang bisa menjadi bahan pembuat cangkang telur.
Teka-Teki Ayam dan Telur: Mana yang Lebih Dulu Ada?

Teka-Teki Ayam dan Telur Duluan Mana

Jadi dapat di simpulkan bahwa Ayam lebih dulu muncul dari pada Telur. Eh tapi dari mana asal muasal ayam kok bisa ada ayam. Berjuta tahun lalu tidak ada hewan yang ber nama Ayam. Tapi ada spesies yang nantinya akan berevolusi jadi ayam.

Dan supaya gampang kita sebut saja "Nenek Moyang Ayam". Dalam jangka waktu yang cukup lama, Nenek Moyang Ayam berkembang biak dan menghasilkan populasi spesies Nenek moyang ayam sebagaimana spesies lain yang kita lihat zaman sekarang.

Proses itu berjalan berkesinambungan, sampai suatu ketika terjadilah mutasi. Dan mutasi itu kembali tereplika terus dalam proses yang lama, dan bertahap. karena adanya akumulasi dari mutasi genetik selama ribuan generasi, akhirnya perkawinan sesama Nenek moyang Ayam ini menghasilkan telur yang mengandung spesies yang kita sebut Ayam untuk pertama kalinya.

Dan spesies Ayam pertama inilah yang bisa kita katakan secara saintifik sebagai spesies yang menetaskan telur ayam untuk pertama kalinya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulan nya Ayam ber asal dari Nenek moyang Ayam yang ber evolusi jadi Ayam. Dan spesies pertama yang menghasilkan protein ovocledidin-17 belum bisa kita sebut “Ayam”, tapi masih “Nenek moyang Ayam”. Sedangkan spesies pertama yang lahir dari telur yang mengandung protein ovocledidin-17 baru bisa kita sebut dengan AYAM.

BERLANGGANAN GRATIS!
Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka Komentar

5 Responses to "Ayam atau Telur Duluan Mana: Ini Jawaban Sainsnya"

  1. masih tetep bingung, kalau ditanya sama anak SMA gk bakal percaya sih mereka kalau saya nyebutr protein OC-17 atau nenek moyang ayam, :)

    but thanks sama infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suruh belajar lagi kalau ga percaya mas 😅😅

      Oke mas.

      Hapus

Satu komentar kamu, sejuta semangat buat kami. Jadi, berkomentarlah yang baik, agar kami juga akan lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel